Translate

Jumat, 13 Januari 2017

BAB IX ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

BAB IX
ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN


A. Ilmu Pengetahuan
1. Apa Itu Ilmu Pengetahuan?
Asley Montagu dalam bukunya 'The Cultured Man', memberikan pengertian ilmu pengetahuan sebagai pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengalaman, studi dan percobaan. V. Afayanev, dalam bukunya 'Marxist Philosophy' menyatakan bahwa pengertian ilmu pengetahuan adalah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat, dan pikiran. Sehingga dapat kita ambil kesimpulan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat, dan pikiran yang berdasarkan pengalaman, studi, dan percobaan.
2. Apa Itu Sikap Ilmiah?
Untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar, kita harus mempunyai sikap ilmiah. Sikap ilmiah adalah suatu sikap yang menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar yang tidak mengenal putus asa serta dengan ketekunan juga keterbukaan. terdapat beberapa sikap ilmiah yaitu diantaranya : mampu membedakan opini dan fakta, berani mencoba, jujur dan teliti, selalu ingin tahu, mampu bekerja sama, terbuka dan fleksibel, dan bertanggung jawab.

B. Teknologi
1. Apa Itu Teknologi?
Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan, dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi telah mempengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk dapat mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka.
2. Ciri-ciri Fenomena Teknik Pada Masyarakat
Teknologi memperlihatkan fenomenanya dalam masyarakat sebagai hal impersonal dan memiliki otonomi mengubah setiap bidang kehidupan manusia menjadi lingkunngan teknis.

Fenomena teknik pada masyarakat menurut Sastrapratedja (1980) memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

a. Rasionaltias, artinya tindakan spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncakan
dengan perhitungan rasional.

b. Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah.

c. Otomatisme, artinya dalam hal metode organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis.

d. Teknik berkembang pada suatu kebudayaan.

e. Monisme, artinya semua teknik bersatu saling berinteraksi dan saling bergantung.

f. Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ediologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan.
3.  Ciri-ciri Teknologi Barat
Di masa yang modern ini kita dapat melihat bahwa di wilayah barat, perkembangan teknologi sudah berjalan dengan pesat sehingga membuat banyak negara-negara disana sudah maju. Untuk bisa sampai menjadi negara maju tersebut, negara-negara barat memiliki ciri-ciri teknologi sebagai berikut ini :

a. Serba iutensif dalam segala hal, seperti modal, organisasi, dan tenaga kerja.

b. Dalam struktur sosial, tteknologi barat bersifat melestarikan sifat ketergantungan

c. Kosmologi dan pandangan teknologi barat mengganggap dirinya sebagai pusatferiferi dan berkaitan dengan kemajuan secara linier.
C. Kemiskinan
1. Apa Itu Kemiskinan?
Kemiskinan adalah tidak mampunya seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasar berupa sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (rumah). Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kemiskinan yaitu tidak adanya kesempatan untuk mengemban pendidikan, sehingga sulit mendapatkan pekerjaan. Selain itu juga bisa karena tidak memiliki semangat untuk mempunyai keahlian yang bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam buku Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan diterangkan bahwa kemiskinan terdiri atas tiga macam yaitu kemiskinan absolut, relatif / struktural dan kemiskinan kultural yang pengertiannya adalah sebagai berikut :

a. Kemiskinan absolut atau mutlak adalah kemsikinan yang dapat diukur dengan perbandingan tingkat pendapatan seseorang atau kelurga dengan tingkat pendapatan yang dbutuhkan untuk mencukupi kebutuhan hidup minimum. Sehingga dalam mengkategorikan seseorang atau keluargs mengalami kemiskinan absolut atau mutlak apabila uang yang diperoleh tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

b. Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang lebih banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan
dimana seseorang atau keluarga tersebut tinggal. Sehingga jika pendapatan seseorang atau keluarga itu pendapatannya dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka namun masih bisa dibilang berpendapatan rendah daripada masyarakat lain maka bisa dibilang seseorang atau keluarga tersebut mengalami kemiskinan relatif.

c. Kemiskinan kultural adalah keadaan dimana individu ataupun kelompok memilih untuk mengambil prinsip untuk tidak memperbaiki kondisi kehidupannya yang sekarang karena budaya yang dimilikinya. Contoh nya seperti orang-orang suku pedalaman seperti suku anak dalam, suku kajang, suku baduy, dan sebagainya.

2. Ciri-ciri Manusia Yang Hidup di Bawah Garis Kemiskinan
Manusia yang hidup di bawah garis kemiskinan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

a. Tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan (makanan), sandang (pakaiaan), dan papan (rumah)

b. Tidak mempunyai latar pendidikan yang mumpuni.

c. Tidak memiliki pekerjaan yang layak dan dapat memenuhi kebutuhan hidup.

d. Tinggal di wilayah perkotaan namun tidak memiliki keterampilan ataupun keahlian.

3. Fungsi Kemiskinan
Disamping hal-hal negatif yang kita ketahui tentang kemiskinan, kemiskinan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

a. Fungsi Ekonomi, sebagai penyediaan tenaga kerja, dan munculnya lapangan kerja baru.

b. Fungsi Sosial, Menimbulkan rasa simpatik, sehingga muncul badan amal dan zakat untuk membantu orang-orang yang mengalami kemiskinan.

c. Fungsi Politik, Sebagai kaum yang paling merasakan kinerja pemerintah dalam memperbaiki sektor ekonomi, dan sebagai kaum yang dapat memberikan kritik dan saran jika menurut mereka perbaikan tersebut tidak berjalan dengan baik.



Referensi :
http://hariannetral.com/2014/09/pengertian-ilmu-pengetahuan-fungsi-dan-syarat-ilmu-pengetahuan.html

http://www.bukupedia.net/2016/03/pengertian-sikap-ilmiah-dan-ciri-cirinya.html

http://www.artikelteknologi.com/2015/05/definisi-teknologi-dan-pengertian-teknologi.html

http://www.2tinta.com/2011/11/bab-viii-ilmu-pengetahuan-teknologi-dan.html#.WHXS5ht95PY

http://hariannetral.com/2015/07/pengertian-kemiskinan-apa-itu-miskin.html

http://www.kompasiana.com/shenypigai/kemiskinan_5518b14781331197669df030

https://arifsubarkah.wordpress.com/2010/01/02/fungsi-kemiskinan-dan-ciri-%E2%80%93-ciri-manusia-yang-hidup-di-bawah-garis-kemiskinan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar